Sabtu, 16 September 2017

BELADIRI INDONESIA

Pencak Silat

Pencak silat ternyata sudah go international, lho! Organisasi resmi Persekutuan Pencak Silat Antar bangsa (PERSILAT) mencatat sudah ada 33 organisasi pencak silat yang tersebar di penjuru dunia. Pencak silat juga menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan dalam SEA Games. Kini, PERSILAT sedang mempromosikan pencak silat ke beberapa negara di lima benua. Mereka ingin membuat pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade.

Silek Minangkabau

Masyarakat Minagkabau, Sumatera Barat, dikenal dengan kebiasaan merantau sejak ratusan tahun lalu. Untuk itu, mereka pun harus memiliki kemampuan dalam membela diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama merantau. Dari situlah silat atau silek Minangkabau hadir. Jenis beladiri ini sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Bakti Negara

Bakti negara merupakan aliran pencak silat Bali yang berpedoman pada ajaran Hindu Dharma masyarakat Bali, yakni Tri Hita Karana. Beladiri yang lahir pada 31 Januari 1955 ini didirikan di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali, oleh empat mantan pejuang kemerdekaan Indonesia, yaitu Anak Agung Rai Tokir, I Bagus Made Rai Keplag, Anak Agung Meranggi, Sri Empu Dwi Tantra, dan Ida Bagus Oka Dewangkara.

Tarung Derajat

Sama seperti pencak silat, Tarung Derajat juga menjadi beladiri asal Indonesia yang secara resmi dipertandingkan dalam ajang SEA Games sejak tahun 2013 lalu. Tarung derajat merupakan beladiri yang menggunakan kontak seluruh badan dan pengembangan tekniknya dilakukan melalui pengalaman pendirinya, Achmad Derajat, dari pertarungan di jalanan Bandung pada tahun 1960-an.

Merpati Putih

Selain menjadi anggota PERSILAT, Merpati Putih juga tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) dan Martial ArtsFederation for World Peace (MAFWP).  Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat beladiri tangan kosong (PPS Betako). Sejak tahun 1550-an, Merpati Putih membentuk aliran jenis beladiri sendiri dan sudah dikembangkan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Cimande

Mungkin kamu merasa asing dengan jenis beladiri satu ini. Tapi ternyata Cimande sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1760-an karena diciptakan oleh seorang Kyai sekaligus pendekar pencak silat bernama Mbah Kahir. Beliau memperkenalkan jurus-jurus silat Cimande pada murid-muridnya. Sejak saat itu, Mbah Kahir pun dianggap sebagai guru pertama silat Cimande.

Perisai Diri

Perisai Diri menjadi salah satu dari sepuluh perguruan silat yang mendapat predikat Perguruan Historis karena memiliki peran besar dalam sejarah terbentuknya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Beladiri yang didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo ini mengandung unsur 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia dan dipadukan dengan aliran Shaolin dari Tiongkok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar